KOMPETENSI UTAMA LULUSAN
Kompetensi Pedagogik
- Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektua
- Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik yang berbasis multimedia
- Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu
- Menyelenggarakan pembejaran yang mendidik
- Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran
- Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik
- Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar
- Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran
Kompetensi Kepribadian
- Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial,dan kebudayaan Nasional Indonesia
- Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat
- Menunjuukkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru, dan rasa percaya diri
- Menjunjung tinggi kode etik profesi guru
Kompetensi Sosial
- Bersikap inklusif, bertindak objektif, serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga, dan status sosil ekonomi
- Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua dan masyarakat.
Kompetensi Profesional
- Menguasai materi,struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan mata pelajaran yang diampuh
- Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu
- Mengembangkan materi pembelajaran yang diampuh secara kreatif
- Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.
- Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri
KOMPETENSI PENDUKUNG
Penguasaan bidang studi
Memahami substansi dan metodologi pengajaran bahasa Indonesia serta kegiatan ekstra kurikuler yang mendukung tercapainya tujuan utuh pendidikan peserta didik yang muatan keterampilannya dapat diakomodasi oleh tenaga pendidik dan kependidikan dalam hal ini termasuk kelompok bidang studi Al Islam Kemuhammadiyahan, Keterampilan Bahasa Inggris, dan Keterampilan Komputer.
Pemahaman peserta didik
Pengidentifikasian bakat dan minat peserta didik serta pendalaman tentang perbedaan individual baik segi kognitif, emosional, fisik, sosial maupun gerak tubuh serta pengaruh lingkungan social budaya terhadap perkembangan siswa, termasuk pembentukan nilai-nilai.
Pembelajaran yang mendidik
Pemahaman metode pengajaran perilaku dan norma-norma sesuai dengan tingkatan usia peserta didik. Pengelolaan kegiatan ekstra kurikuler yang mendukung pembelajaran demi terciptanya tujuan utuh pendidikan
Pengembangan kepribadian dan keprofesionalan
Berprakarsa dan bertanggungjawab menjajaki berbagai cara perolehan infornasi untuk mengembangkan kemampuan secara mandiri sebaggai pekerja profesiaonal maupun sebagai pribadi serta pemanfaatan sumber dan sarana belajar yang mutakhir, termasuk penggunaan kemajuan teknologi informasi yang berbasis ICT untuk pertumbuhan dan pengembangan pribadi.