Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Muhammadiyah Makassar

Berita

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

LOGO-AKRE

Penguatan Penulisan Karya Ilmiah Kolaborasi Magister Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Dengan Prodi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia (S1)

pbi.unismuh.ac.id- Melihat karya tulis ilmiah sebagai bagian penting dari syarat kelulusan mahasiswa, dosen wajib membekali mahasiswa dengan pengetahuan terkait referensi dan analisis data agar output penelitian mahasiswa bisa dipertanggungjawbkan secara akademik. Pengetahuan mahasiswa yang minim tidak lepas dari terbatasnya informasi yang mereka dapatkan dan jarangnya pelatihan terkait referensi dan analisis data untuk mereka. Melihat hal tersebut, tim peneliti berinisiatif untuk mengadakan pelatihan aplikasi SPSS dan Zotero untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa terkait referensi dan analisa data. Metode yang digunakan yakni pemaparan materi dan praktik SPSS dan Zotero serta Focus Group Discussion. Hasil pelatihan ini menunjukkan selama pelatihan aplikasi SPSS dan Zotero, mahasiswa sangat antusias dan merasa terbantu serta siap untuk menulis proposal penelitian. Selain melihat manfaat aplikasi SPSS dan Zotero sebagai referensi dan analisa data, mereka juga mengungkapkan respon positif karena telah dibekali kecakapan aplikasi yang selama ini belum pernah mereka dapatkan.

Strategi agar manuskrip dapat diterima di jurnal internasional bereputasi bisa berbeda-beda. Tapi, ada dua hal utama yang menentukan suatu jurnal dapat dengan mudah diterima yaitu: 1) peningkatan kualitas penulisan manuskrip dan 2) pemilihan penerbit yang tepat. Kualitas penulisan meliputi cara menekankan kebaruan penelitian, penyajian data, pembahasan hasil dan juga kualitas grammar dari manuskrip tersebut. Penerbit tidak harus diranking utama dan dari negaranegara maju, yang terpenting adalah penerbit sudah terindeks dan memiliki impact factor sehingga dapat diakui Dikti untuk kenaikan pangkat maupun pengajuan guru besar. Jurnal dan      penerbit baru relatif mudah untuk ditembus (manuskrip mudah diterima) karena jurnal baru masih membutuhkan banyak manuskrip baru dan proses seleksi masih belum seketat dan seselektif jurnal atau penerbit yang sudah sangat terkenal. Lembaga Klinik Jurnal (http://klinikjurnal.com) berkomitmen untuk membantu semua akademisi di seluruh Indonesia agar dapat mempublikasikan di jurnal internasional terpercaya.